Layanan Telematika merupakan
layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada
sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah
satu contoh telematika. Layanan-layanan yang terdapat pada telematika adalah :
1.
Layanan Informatika di Bidang Informasi
Pada
hakikatnya, penggunaan telematika dan aliran informasi harus berjalan sinkron
dan penggunaanya harus ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,
termasuk pemberantasan kemiksinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas
hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga harus diarahkan untuk
menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di
kalangan masyarakat. Salah satu fasilitas bagi masyarakat untuk mendapatkan
informasi yaitu melalui internet dan telefon. Ada baiknya bila fasilitas publik
untuk mendapatkan informasi terus dikembangkan, seperti warnet dan wartel.
Warung Telekomunikasi dan Warung Internet ini secara berkelanjutan memperluas
jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik di daerah kota maupun desa, bagi
pelanggan yang tidak memiliki akses sendiri di tempat tinggal atau di tempat
kerjanya. Oleh karena itu langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong
pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan publik, memperluas
pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan sentra-sentra pelayanan
masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan “e-commerce” bagi
usaha kecil dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk
Balai-balai Informasi. Untuk melayani lokasi-lokasi yang tidak terjangkau oleh
masyarakat.
contoh layanan informasi :
a.
Navigation assistant (real-time traffic
information)
b.
Weather, stock information
c.
Entertainment and M-Commerce
2. Layanan
Keamanan
Layanan
keamanan merupakan layanan yang menyediakanan keamananinformasi dan data.
layanan terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan
auditin.
layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya. dengan kata lain layanan ini sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya. dengan kata lain layanan ini sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
contoh layanan keamanan yaitu:
a.
navigation assistant
b.
weather,stock information
c.
entertainment and M-commerce.
d.
penggunaan Firewall dan Antivirus
3. Layanan Context Aware dan Event-Based Context-awareness
Layanan
Context Aware dan Event-Based Context-awareness merupakan kemampuan layanan
network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang
relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan
layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat
digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user,
jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Tiga hal yang menjadi
perhatian sistem context-aware menurut Albrecht Schmidt, yaitu:
a. The acquisition of context
Hal
ini berkaitan dengan pemilihan konteks dan bagaimana cara memperoleh konteks
yang diinginkan, sebagai contoh : pemilihan konteks lokasi, dengan penggunaan
suatu sensor lokasi tertentu (misalnya: GPS) untuk melihat situasi atau posisi
suatu lokasi tersebut.
b. The abstraction and understanding of
context. Pemahaman terhadap bagaimana cara konteks yang dipilih
berhubungan dengan kondisi nyata, bagaimana informasi yang dimiliki suatu
konteks dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi, dan bagaimana tanggapan
sistem dan cara kerja terhadap inputan dalam suatu konteks.
c. Application behaviour based on the recognized
context. Terakhir, dua hal
yang paling penting adalah bagaimana pengguna dapat memahami sistem dan tingkah
lakunya yang sesuai dengan konteks yang dimilikinya serta bagaimana caranya
memberikan kontrol penuh kepada pengguna terhadap sistem.
4. Layanan Perbaikan Sumber (Resource Discovery Service)
Resource
Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan
layanan utilitas yang diperlukan. RDS juga berfungsi dalam pengindeksan
lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Layanan
perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya
manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang
berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola,
pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha,
lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya. Konsep pengembangan sumber daya
manusia di bidang telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas
dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan
digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Kebutuhan akan SDM dapat dilihat dari bidang ekonomi
dan bidang politik, yaitu :
1.
Dilihat dari bidang ekonomi
Pengembangan telematika ditujukan untuk peningkatan
kapasitas ekonomi, berupa peningkatan kapasitas industry produk barang dan
jasa.
2.
Dilihat dari bidang politik
Bagaimana telematika memberikan kontribusi pada
pelayanan public sehingga menghasilkan dukungan politik.
Dari kedua bidang tersebut diatas kebutuhan
terhadap telematika akan dilihat dari dua aspek, yaitu :
1. Pengembangan peningkatan kapasitas
industry.
2. Pengembangan layana publik.
Sasaran utama dalam upaya pengembangan SDM
telematika yaitu sebagai berikut :
a) Peningkatan kinerja layanan
public yang memberikan akses yang luas terhadap peningkatan kecerdasan
masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi sebagai katalisator
pembangaunan.
b) Literasi masyarakat di bidang
teknologi telematika yang terutama ditujukan kepada old generator dan today
generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh Tapscott.
Kelebihan layanan telematika:
a.
Pada layanan telematika dibidang informasi,
masyarakat khususnya kalangan menengah kebawah dapat merasakan pemerataan
teknologi dan bagi pelajarnya dapat memberikan wawasan yang lebih untuk menunjang
studi mereka.
b.
Pada layanan telematika di bidang keamanan,
masyarakat pada umumnya dapat merasa lebih aman karena jika terjadi sesuatu
yang diinginkan, mereka dapat langsung menghubungi pihak berwajib dengan
teknologi yang ada.
c.
Pada layanan context aware dan event-base, dengan
ini pengguna dapat hak privasi yang lebih tanpa harus melakukan banyak/otomatis
sistem yang telah mengatur agar pengguna tidak diganggu dalam waktu yang
diinginkan pengguna.
d.
Pada layanan perbaikan sumber, tiap orang dapat
bantuan lebih dalam yellow pages untuk mencari alamat/nomor telepon suatu
instansi.
Kekurangan layanan telematika:
a.
Pada layanan telematika bidang informasi, jika
perhatian kepada mereka yang kurangnya informasi dari kebebasan akses yang
mereka lakukan, akan berdampak buruk yang disebabkan pihak yang tidak
bertanggung jawab.
b.
Pada layanan telematika dibidang keamanan, keamanan
ini juga berdampak buruk jika ada oknum/hacker yang berniat jahat untuk
membobol suatu sistem keamanan.
c.
Pada layanan context aware dan event-base, pengguna
tidak tahu/akan terlambat mengetahui jika ada panggilan penting saat ia tidak
ingin diganggu, seperti tidak tahu kalau anaknya masuk rumah sakit ketika
sedang rapat.
d.
Pada layanan perbaikan sumber, tidak mudah
mencari/tidak cepat karena yellow pages masih dalam bentuk buku. Jadi ketika
ingin mencari informasi maka harus mencarinya secara manual dengan membaca
indeksnya.
Saran:
Kemajuan sebuah
layanan system telematika sudah sampai pada aspek – aspek yang dapat dimengerti
oleh masyarakat . oleh karena itu, Perkembangan telematika dalam
semua bidang mempunya kelebihan dan kekuranganya . untuk memaksimalkan
penggunaan , kita sebagai pengguna dan pemerintah sebagai penyedia wadah harus
sama-sama bekerja sama untuk menghindari hal yang buruk di media internet.
Sebaiknya kita bijak dalam
menggunakan pemanfaatan pada sebuah layanan system telematika.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar