Kata Pengantar
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena kami dapat
menyelesaikan Makalah ini. Penyusunan Makalah ini
disusun untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia 2. Selain itu tujuan dari
penyusunan Makalah ini juga untuk menambah wawasan tentang pengetahuan Bahasasecara meluas. Kami menyadari bahwa Makalah ini sangat jauh dari
kesempurnaan. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, kami menerima
kritik dan saran agar penyusunan Makalah selanjutnya menjadi lebih baik. Untuk
itu kami mengucapkan banyak terima kasih dan semoga karya tulis ini bermanfaat
bagi para pembaca.
1.1 Latar
Belakang
Dalam kehidupan
sehari-hari , kita selalu melihat seseorang menggunakan alat komunikasi untuk
dapat berhubungan dengan seseorang yang dikehendakinya . Seiring dengan
pertumbuhan ilmu pengetahuan , teknologi , dan informasi dari tahun ke
tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan di lingkungan masyarakat
indonesia . Orang-orang dulu tidak secanggih dengan orang-orang di jaman sekarang
.
Apabila
kita mengamati secara detail , ada beberapa perbedaan yang membedakan
antara orang-orang jaman dahulu dan jaman sekarang . Salah satu diantaranya
dalam perbedaan cara berkomunikasi dengan sesama atau dengan kerabat kita .
Dahulu sangat sulit kita berkomunikasi dengan kerabat kita yang jauh disana
tetapi jaman sekarang kalaupun kerabat kita sangat jauh , kita masih dapat
berkomunikasi dengan mudahnya yaitu kita menggunakan salah satu contoh alat
komukasi yaitu telfon genggam , gadget yang satu ini sangat menonjol di jaman
sekarang di bandingkan dengan gadget-gadget yang lain . Coba kita liat di jaman
dahulu , orang-orang hanya mengandalkan selembar kertas untuk biasa
berkomunikasi dengan kerabatnya yang berada jauh disana yaitu dengan salah
diantaranya menggunakan surat menyurat walaupun masih sedikit orang yang
mempergunakan surat untuk dapat berkomunikasi dengan para kerabatnya yang jauh
disana tetapi surat merupakan suatu alat komunikasi yang ada di jaman dahulu .
Untuk
mendapatkan suatu perkerjaan di kantor atau di instansi , kita harus mengajukan
permintaan atau permohonan ke bagian ke pegawaian . Permohonan itu tidak
disampaikan secara lisan tetapi secara tertulis dalam bentuk suatu surat lamara
kerja .Perubahan dan kemjuan teknologi membawa dampak terhadap segala bidang .
Termasuk pula pada tata cara pembuatan dan pengiriman surat lamaran kerja .
Wujud surat lamaran kerja semakin beragam dan pembuatannya cenderung semakin
praktis . Meskipun demikian ,ada prinsip-prinsip serta unsur-unsur pokok dari
surat lamaran kerja yang tetap di pertahankan .
Untuk memberi
pertimbangan dalam membuat jawaban dari suatu perushaaan , pelamar melampirkan
sejumlah berkas dalam surat lamaran kerja tersebut . Salah satu berkas yang
sangat penting dan selalu diminta adalah daftar riwayat hidup atau CV (
Curiculum Vitae ) . Oleh Karena itu , selain mampu menyusun surat lamaran, di
harapkan kita sebagai orang yang tidak tahu apa-apa dapat menulis lampirannya
dengan baik dan benar .
CV akan selalu
digunakan untuk siapa saja yang hendak melamar suatu perkerjaan karena CV
adalah bagian dari salah satu syarat yang harus dipenuhinya agar si pelamar
dapat di terima atau gagal . Jadi kita sebaiknya jangan terlalu meremehkan
tentang keberadaan CV ini . Makalah ini saya buat agar masyarakat dapat
memahami dan tahu bagaimana tentang CV itu karena tanpa CV , si pelamar kerja
kemungkinan diterima sangat kecil karena ini adalah bagian dari persyaratan
dari suatu perusahaan kepada seseorang yang hendak melamar kerja .
1.2 Maksud dan Tujuan
Surat
adalah suatu alat komunikasi dalam bentuk tulisan yang dilakukan oleh
seseorang ke seseorang yang di kehendakinya . Banyak terdapat kesalahan yang
sering kita temui dalam hal penulisan surat tersebut . Makalah ini dibuat untuk
mengetahui tata cara pembuatan surat yang baik dan benar dan juga kita
dapat membedakan antara surat resmi dan surat tidak resmi , ambil suatu contoh
ketika seseorang membuat surat lamaran pekerjaan yang di harapkan pada saat
kita membuat surat lamaran tersebut , kita tidak lagi mengalami kesulitan
.
Tujuan
seseorang menulis surat adalah sebagai bentuk alat komunikasi yang isinya
berupa tulisan , informasi , pesan , pertanyaan atau tanggapan sesuai dengan
keinginan penulis surat tersebut . Di samping sebagai sarana komunikasi , surat
juga mempunyai fungsi lain , yaitu sebagai duta atau wakil penulis untuk
berhadapan dengan lawan bicaranya . Oleh karena itu , ada yang berpendapat
bahwa surat merupakan gambaran mentalitas pengirim . Surat juga terbagi 2 jenis
yaitu surat resmi dan surat tidak resmi dan di makalah ini akan di bahas
bagaimana seseorang membedakan suatu jenis surat .
CV atau biasa
yang kita kenal Curiculum Vitae ini bermaksud untuk membantu si
pelamar kerja mendapatkan suatu pekerjaan karena di dalam CV ini terdapat
hal-hal tentang diri seseorang pelamar dari ia baru lahir hingga sekarang ,
istilahnya CV itu di bisa anggep perjalanan hidup dari seseorang tersebut
dari dulu hingga sekarang .
Maksud seseorang
membuat CV antara lain bertujuan untuk memenuhi salah satu syarat untuk
mendapatkan pekerjaan karena tanpa adanya CV , si pelamar pekerjaan belum tentu
bisa mendapatkan pekerjaan karena belum memenuhi syarat , maka dari itu CV ini
sangat perlu diperhatikan baik dalam penulisannya karena bersifat informasi
yang penting dan berhubungan dengan riwayat hidup seseorang . Makalah dibuat ,
untuk memahami dan mengetahui bagaimana bentuk dari CV tersebut .
PEMBAHASAN TEORI
a.
Arti
Surat
Surat
adalah alat komunikasi antara seseorang dengan seseorang yang di kehendakinya ,
yang berisi tulisan , pernyataan , suatu kabar , harapan , dan tanggapan yang
sesuai dengan keinginan dari penulis surat tersebut . Itu arti surat secara
umum atau yang biasanya masyarakat tahu .
b.
Arti
CV
Arti CV di bagi
atas 2 pengertian , yaitu curiculum dan vitae . Curiculum itu sendiri berarti
sebagai semua mata kuliah yang secara kolektif disusun dan direncanakan secara
reguler oleh sekolah atau pendidikan tinggi . Vitae yang berarti segala sesuatu
yang vital (penting) dan berhubungan dengan riwayat hidup seseorang yang
bersifat kontinyu . Dengan arti singkat CV adalah daftar riwayat hidup
seseorang .
c.
Fungsi
Surat
Adapun fungsi surat yaitu sebagai alat
komunikasi antar seseorang , sebagai wakil penulis , sebagai penghemat waktu
dan biaya , sebagai curahan hati dari seseorang , sebagai sarana informasi dari
seseorang .
d.
fungsi
CV
CV
itu berguna untuk melamar pekerjaan , untuk memenuhi persyaratan dalam usulan
penelitian ( sebagai pemimpin proyek ) ,untuk melanjutkan pendidikan dan
sebagainya . Sesuai dengan kegunaannya dan maksud pembuatannya , maka vitae itu
bukan semata-mata berisi data pribadi . Vitae itu mementingkan perincian
tentang ‘apa’ dan’siapa’ anda , jadi mencakup kepribadian anda . Curriculum
Vitae (CV) adalah sebuah dokumen yang menjelaskan secara ringkas menggambarkan
siapa diri Anda , apa yang telah Anda lakukan di masa lalu, apa relevansi
pengalaman Anda terhadap pekerjaan yang sedang dilamar, serta apakah Anda orang
yang tepat atau tidak untuk dipilih diantara kandidat lainnya . Oleh sebab itu
, selain isinya harus lengkap , singkat , dan jelas , juga harus berpenampilan
yang menarik . Namun , perlu diingat bahwa vitae itu harus bersifat ilmiah
yaitu tidak emotif .
e.
Jenis-jenis
Surat
Masyarakat
sudah mengenal surat dari jaman dahulu sebelum adanya perkembangan teknologi di
jaman sekarang yang bisa merubah bentuk surat kertas menjadi surat elektronik
atau bisa menjadi canggih dengan menggunakan alat komunikasi . Sebelumnya
masyarakat hanya mengetahui surat tanpa tahu surat tersebut termasuk ke dalam
surat jenis apa .
Secara umum
surat di golongkan menjadi tiga fungsi atau tiga jenis , yaitu
1.
surat
pribadi ,
2.
surat
resmi ,
3.
surat
niaga .
f.
Struktur
Umum CV
1). Data Pribadi
Bagian ini berisi nama, alamat,
email, handphone dan identitas pribadi lainnya. Jangan lupa menyertakan nomor
kontak atau email Anda karena itu adalah satu-satunya cara rekruter bisa
menghubungi Anda kembali jika sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Jangan
sampai semua orang terkesima dengan CV Anda tapi tidak bisa menghubungi untuk
proses selanjutnya.
2). Pendidikan
Bagian ini menjelaskan background
pendidikan dan hubungannya dengan pekerjaan yang dituju. Ada orang yang membuat
CV menjelaskan dari TK, SD, SMP sampai perguruan tinggi. Hal ini tidak salah
namun dalam banyak hal tidak terlalu relevan. Hal yang mungkin penting adalah
pendidikan dari SMU ke atas termasuk jika ada pendidikan non formal khusus yang
Anda ikuti. Anda bisa memasukkan item pendidikan yang lebih rendah hanya jika
menurut Anda punya relevansi khusus atau ada informasi tertentu yang ingin
disampaikan.
3). Pengalaman Kerja
Ini adalah bagian yang paling
dilihat oleh rekruter. Pengalaman kerja memberikan gambaran apakah seorang
kandidat sudah memiliki jam terbang yang cukup atau masih terbatas. Rekruiter
juga bisa menentukan apakah kandidat dapat segera menyesuaikan diri di
organisasi yang baru atau apakah dia butuh penyesuaian yang panjang. Karenanya
bagian ini harus jelas menunjukkan apa yang Anda kerjakan, nama perusahaan yang
tempat kerja sebelumnya, apa yang Anda lakukan di sana.
4). Skill Yang Dimiliki
Kadangkala Anda perlu menjelaskan
dalam CV skill apa saja yang telah dimiliki sebagai proses belajar maupun
pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Seringkali orang menulis skill ini secara
singkat seperti: mampu berkomunikasi dengan baik, dapat bekerja dalam tim,
cepat belajar hal yang baru. Penjelasan seperti itu tidak memberikan nilai
tambah karena semua kandidat juga melakukan hal yang sama.
Berikut contoh yang lebih meyakinkan dan informatif:
1.
Komunikasi
yang baik. Mampu berhubungan dengan pelanggan,
instansi pemerintah dan meyakinkan pihak-pihak yang terkait dengan pekerjaan.
2.
Negosiasi.
Ahli bernegosiasi dengan supplier
maupun pihak-pihak luar untuk mendapatkan tawaran yang terbaik bagi perusahaan.
5). Training Yang Pernah Diikuti
Anda perlu memasukkan daftar
training yang pernah diikuti sebelumnya untuk memberi gambaran sejauh mana Anda
telah berkembang dan wawasan apa saja yang sudah dimiliki. Jangan masukkan
semua training karena jumlahnya akan sangat panjang. Pilih yang relevan dan
sesuai dengan target pada organisasi yang dituju.
6). Prestasi
Ini adalah bagian yang penting
disamping Pengalaman Kerja yang menjelaskan keunikan sebagai individu sekaligus
pencapaian di bidang tertentu. Anda bisa menjelaskan secara singkat prestasi di
pekerjaan, pendidikan ataupun dalam bidang kemasyarakatan lainnya.
g.
Bentuk-
Bentuk Surat
Ini
merupakan salah satu faktor yang menentukan baik atau kurangnya suatu surat
adalah dari bentuk surat itu sendiri . Bentuk surat adalah tata letak atau
posisi bagian-bagian surat . Terdapat beberapa bentuk surat yang ada , yaitu
bentuk lurus , bentuk setengah lurus , dan bentuk lekuk . Mari kita bahas satu
persatu-satu ;
1.
Bentuk
Lurus
Bentuk
lurus adalah suatu bentuk surat yang diketik semuanya mulai pasak dari garis
pinggir kiri . Selain tempat dan tanggal serta salam penutup , nama perusahaan
(kantor) , nama dan jabatan yang akan menandatangani diketik mulai dari
tengah-tengah antara tepi kanan dan tepi kiri kertas
.
2.
Bentuk
Setengah Lurus
Bentuk
setengah lurus adalah bentuk surat yang hampir sama dengan bentuk lurus namun
perbedaannya terletak pada pengetikan isi saja yaitu setiap alenia baru
masuk lima spasi .
3.
Bentuk
Lekuk
Bentuk surat ini agak sedikit berbeda
dengan bentuk yang lainnya . Pada bentuk surat lekuk tempat dan tanggal , salam
penutup serta nama dan jabatan diketik disebelah kanan , sedangkan isi surat
diketik dari pasak pinggir sebelah kiri , dengan ketentuan bahwa setiap alenia
baru masuk ke dalam lima spasi .
KESIMPULAN
Pada
bagian ini merupakan kesimpulan dari apa yang telah kita bahas di atas . Jadi
surat juga masih penting untuk kita gunakan sebab dari semua arti , fungsi ,
dll jelas surat masih dapat kita gunakan di jaman sekarang walaupun bisa di
bilang , di jaman sekarang sudah bukan lagi jamannya surat-menyurat , kita bisa
mempergunakan alat komunikasi yang ada agar tidak terlalu memakan waktu banyak
walaupun surat sudah bukan lagi barang yang penting di jaman sekarang , apa
salahnya kita bisa membudayakan alat komunikasi yang ada pada jaman dahulu agar
tidak punah pada masa sekarang .
Dan makalah
tentang CV ini dibuat , semoga dapat lebih memahami bentuk dan tulisan CV
seperti apa agar para pelamar kerja dapat menuliskannya dengan baik dan benar
dan semoga para pelamar kerja mendapatkan pekerjaan yang dia inginkan .Karena
CV adalah gambaran diri Anda , sediakan waktu sebaik-baiknya untuk menulis
dengan jelas . Manfaatkan pula untuk menjelaskan keunikan diri Anda yang
membuat perbedaan dengan orang lain .
Sumber :
https://frendyrusniady..wordpress.com/2012/03/31/makalah-suratmenyurat/
https://frendyrusniady..wordpress.com/2012/03/31/makalah-cv/
https://frendyrusniady..wordpress.com/2012/03/31/makalah-suratmenyurat/
https://frendyrusniady..wordpress.com/2012/03/31/makalah-cv/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar